Tips Mengatasi Android Lemot


Info-utama.blogspot.com,- Hai Guys, pasti semua sudah memiliki HP dong ya, pasti pernah mengalami HP Android terasa lemot ketika dipakai, pasti sangat mengganggu kan ya. Dibawah kuitipan adari Liputan6[dot]com tentang tips mengembalikan kinerja HP Android menjadi cepat kembali.




1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Android sifatnya yang multitasking, seringkali pengguna melakukan download banyak aplikasi di perangkat Android mereka, dimana belum tentu aplikasi tersebut dipakai dan penting. Nah seringkali pengguna tidak melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai. Hal tersebut bisa menyebabkan kinerja ponsel Android menjadi lambat karena sudah tentu menggunakan space memori. Semakin sedikit ruang memori akan semakin lambat kinerja ponsel.

2. Bersihkan Drive Internal
Apabila kita mengunduh sebuah file seperti film atau musik, secara otomatis disimpan pada folder Download yang ada di ruang penyimpanan atau drive internal. Apabila file tersebut didiamkan menunpuk tanpa menghapusnya setelah menonton, maka ruang penyimpanan makin berkurang, kinerja Android  akan menjadi lambat.

Lakukan pembersihan data yang tak lagi dibutuhkan atau memindahkan data atau file ke media penyimpanan lain bisa flashdisk atau hardrive external

Sebagai catatan, ketika melakukan pembersihan dan menjumpai file tidak diketahui apa gunanya, lebih baik jangan hapus file tersebut.

3. Bersihkan Data Cache
Data cache adalah file history yang disimpan oleh system. Hal ini sangat berguna untuk mempercepat membuka aplikasi aplikasi yang pernah kita buka sebelumnya. Data cache ini juga menggunakan ruang penyimpanan. Apabila tidak dibersihkan semua file history akan menumpuk secara terus menerus dan sudah tentu akan mengakibatkan ponsel lemot. Lakukan pembersihan data chache secara berkala missal setiap 3 minggu sekali. Umumnya HP Android sudah disediakan tools untuk membersihkan cache. Caranya, masuk ke Setting pada Android, pilih Applications, kemudian pilih Application Manager dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan.

4. Pastikan SD Card Tidak Ada Masalah
Tidak semua SD Card cocok atau bisa bekerja dengan baik disemua ponsel Android. Apabila SD Card tidak bekerja dengan baik maka akan menyebabkan ponsel Android menjadi lemot. Untuk mengatasi itu lakukan format pada SD card, sebelum mem-format pastikan tidak ada data sama sekali, karena format akan menghapus semua data didalamnya.

5. Factory Reset
Factory reset adalah langkah terakhir apabila semua langkah diatas telah dilakukan namun masih saja lemot. Factory reset akan mengembalikan pada pengaturan awal, semua setingan yang sudah dibuat akan hilang semua jadi harus diseting ulang seperti akun email dan lain-lain. Jangan lupa lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakulan factory reset.

Share:

No comments:

Post a Comment