Perbedaan Arti Data, Dashboard dan Report


Seringkali kita mendengar istilah Data, Dashboard, Report atau Laporan. Istilah-istilah tersebut sering kita dengar di berbagai kegiatan terutama kegiatan rapat atau meeting. Di lingkungan manapun seperti di lingkungan kerja, pendididkan, RT/RW bahkan di rumah hampir selalu berkutat dengan data atau sebuah informasi. 


Mungkin ada yang bertanya-tanya apakah perbedaan arti data, dashboard dan report atau ketiga hal tersebut memiliki arti ayang sama. Baiklah saya akan mengulas teka teki tersebut, berikut ulasan tentang perbedaan arti data, dashboard dan report yang saya ringkas dari beberapa sumber artikel

1. Data
Menurut artikel tentang data dari materibelajar, Data adalah kumpulan keterangan suatu hal yang didapat dengan cara pengamatan atau pencarian ke nara sumber tertentu. Data yang telah diperoleh tersebut dapat dijadikan sebuah anggapan atau fakta dikarenakan memang belum diolah lebih lanjut. Selanjutnya data tersebut dilakukan pengolahan dengan cara penelitian atau percobaan sehingga menjadi lebih kompleks seperti database, atau sebuah informasi atau solusi sebagai bahan untuk penyelesaian masalah.

Berikut Pengertian Data Menurut Para Ahli

  • Robert N. antony dan John Dearden: Data adalah bentuk jamak dari data item atau bentuk tunggal datum.
  • Zulkifli A.M: Data adalah suatu keterangan, bukti atau fakta suatu kenyataan yang masih mentah (original) dan belum dilakukan pengolahan.
  • Arikunto: Data adalah semua fakta dan angka-angka yang bisa dijadikan sebagai bahan penyusunan sebuah informasi.
  • Supriyanto dan Ahmad Muhsin: Data adalah bahan dasar dari informasi atau simbol yang menggambarkan kuntitas, fakta, tindakan benda dsb.
  • Kuswadi dan E.Mutiara: Data adalah kumpulan informasi yang didapat dari suatu pengamatan dimana bisa berupa angka, lambang atau sifat

Data memiliki metode pengumpulan dalam proses pengumpulanya antara lain: Wawancara, Observasi, Angket (kuesioner), Studi Dokumen

Adapun Fungsi Data adalah berikut:

  • Untuk membuat keputusan terbaik dalam pemecahan masalah
  • Sebagai dasar suatu perencanaan juga penelitian
  • Sebagai acuan untuk implementasi suatu aktivitas dan juga untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi
2. Laporan atau Report
Menurut intisari sebuah artikel tentang Laporan/Report yang ditulis di unnes.ac.id, Laporan adalah bentuk bagaimana menyajikan atau menyampaikan sebuah fakta suatu keadaan atau suatu kegiatan. Fakta yang disampaikan atau disajikan merupakan sebuah informasi objektif yang dialami oleh pihak yang menyampaikan fakta sesuai yang dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri ketika melaksanakan kegiatan. Sebuah laporan bisa berbentuk pendek maupun panjang dengan format informal atau formal

Laporan memiliki ciri-ciri berikut:
  • Ditulis hanya pada hal-hal pokok dan ringkas sehingga penerima laporan dapat mengetahui permasalahan dengan segera.
  • Dilengkapi sumber kepustakaan.
  • Logis. Disertai keterangan yang lengkap sehingga dapat ditelusuri dengan mudah dan bisa diterima.
  • Sistematik. Keterangan disusun berurutan dan saling berhubungan.
3. Dashboard
Dirangkum dari medium.com, Dashboards adalah sebuah User Interface atau media yang berada antara data dan desain yang menampilkan berbagai bentuk seperti metriks, angka maupun visualisasi data. Tujuan dashboards adalah membantu user dalam membuat keputusan yang tepat dan cepat. Umumnya dashboards dibuat oleh team data analis. 

Apabila kita menyajikan data yang banyak atau hal yang kurang relevan, Maka yang akan terjadi adalah user kesulitan membuat keputusan dengan cepat. Visualisasi data yang kurang atau tidak tepat akan membuat user bingung membaca data untuk membantu membuat keputusan dengan cepat. Dashboard harus dibuat secara simple, mudah dibaca juga dipahami. Dashboard harus fokus bertujuan membantu user untuk membuat keputusan dengan cepat. 

Okay, semoga memberi pencerahan :-)

Referensi:
Share:

No comments:

Post a Comment