Smart Light ( Lampu Pintar )

Apa itu Smart Light ( Lampu Pintar )? adalah sebuah bola lampu LED pintar yang berisi perangkat lunak atau software yang dihubungkan ke sebuah aplikasi pada perangkat lainya seperti Smart Phone melalui jaringan Internet atau Local Network (Wifi), sehingga dapat melakukan kontrol otomatis ke smart light dari jarak jauh, sehingga kita tidak lagi repot-repot melakukan menekan sakelar on/off  lampu yang berada di dinding. 

Dengan lampu smart light kita bisa melakukan kontrol secara remote untuk mengatur tingkat pencahayaan seperti tingkat redup atau terang, juga dapat memilih warna warni lampu sesuai suasanya hati :-). Bola lampu Smart Light LED memiliki daya tahan lebih lama dan menghasilkan panas yang lebih sedikit daripada bola lampu biasa, sehingga menghemat energi. Lampu Smart Light dapat dikoneksikan dengan perangkat lainya seperti kamera, perlengkapan audio, termostat, atau perangkat pintar lainya sehingga membuat rumah anda menjadi Smart Home. 


Lampu Smart Light dapat Anda kontrol melalui aplikasi yang terhubung Internet tentunya, dapat melihat statusnya dari mana saja apakah sedang hidup atau mati. Jadi Anda tidak perlu bertanya tanya lagi apakah lampu dirumah masih menyala atau hidup ketika Anda sudah terlanjur meninggalkan rumah. Lampu Smart Light LED adalah lampu yang dapat dikonfigurasi atau diseting. Anda dapat mengatur waktu yang secara otomatis untuk mematikan semua lampu pada waktu tertentu.

 

Selain itu Anda juga dapat mengatur jadwal lampu smart Anda kapan cahaya akan diredupkan dan sebaliknya bisa diatur jadwal kapan pencahayaan lampu smart Anda menjadi terang kembali. Pencahayaan dapat diatur dan disesuaikan keinginan Anda untuk menciptakan suasana atau kesan tertentu.Ya,cukup dengan sentuhan pada satu tombol saja, Anda dapat mengontrol pencahayaan rumah Anda, Anda dapat mengontrol lampu smart light Anda melalui aplikasi atau suara Anda.


Sebagai gambaran secara teknis adalah berikut:

  • Anda harus memiliki atau membeli lampu Smart Light ( Lampu Pintar )
  • Pastikan Anda mempunyai Wifi
  • Pasang dan nyalakan lampu seperti lampu biasa, pastikan saklar ON
  • Pada smartphone silahkan download dan install aplikasi untuk mengontrol lampu Smart Light, setiap pembelian lampu smart light ada petunjuknya
  • Kemudian pada aplikasi tersebut silahkan buka dan jalankan untuk mendeteksi lampu Smart Light kemudian sambungkan antara Lampu Smart Light dengan Wifi. Sampai disini Anda telah berhasil mengkoneksikan antara Smartphone + Lampu Smart Light ( Lampu Pintar ) + Wifi ( Internet )
Kemudian Anda sudah dapat berkreasi mencoba semua fungsi yang ada seperti rkontrol jarak jauh pada lampu smart Anda untuk mematikan, menghidupkan, meredupkan, mencerahkan, membuat jadwal kapan lampu akan otomatis mati atau hidup sendiri juga bisa dicoba untuk koneksi dengan perangkat-perangkat pintar lainya seperti Smart TV sehingga pencahayaan lampu Smart Light bisa berubah otomatis mengikuti suasana pada acara TV yang sedang tayang, Anda serasa memiliki bioskop mini yang canggih, selain itu bisa juga dikoneksikan dengan Google Assistant dimana kita bisa mengontrol perangkat dengan Suara. 

Anda dapat melihat atau membeli lampu Smart Light ( Lampu Pintar ) di toko-toko online. 


Selamat mencoba, jangan lupa Share dan Comment ya

Share:

No comments:

Post a Comment