Smart TV

Apa itu Smart TV? 
Di internet banyak opini definisi Smart TV. Mungkin beda situs memberikan pendapat yang berbeda, pada dasarnya adalah Smart TV sebuah TV yang memiliki fasilitas konektivitas internet, memiliki sistem operasi dan dilengkapi layanan aplikasi. Singkatnya, TV + internet + apps = Smart TV.

Cara Kerja Smart TV
Smart TV memiliki fasilitas untuk mengakses konten online dimana TV dihubungkan dulu ke internet bisa melalui media router broadband dan jaringan Ethernet atau Wi-Fi. Setelah Smart TV Anda terhubung ke internet, Smart TV akan menampilkan deretan pilihan menu pada layar yang menyertakan daftar saluran internet yang tersedia dalam bentuk aplikasi seperti aplikasi pada smartphone. Beberapa aplikasi sudah disediakan, jika ingin menambah aplikasi yang lain dapat mengunduh lebih banyak untuk ditambahkan ke daftar aplikasi TV. Klik ikon untuk saluran / aplikasi tertentu, untuk melihatnya.

Manfaat Smart TV
Smart TV dapat  mengakses ke sejumlah besar saluran yang menawarkan program TV, film, dan musik tanpa perlu menghubungkan antena TV atau berlangganan layanan kabel / satelit. Dengan Smart TV pengguna dapat melakukan browsing internet, permainan, juga media sosial. Meskipun begitu Smart TV masih dapat menerima program TV melalui antena atau kabel / satelit.

Biaya dan Batasan
Seputar Smart TV memang sangat menarik, tetapi ada beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan biaya dan batasan. Meskipun Smart TV menyajikan banyak saluran gratis, tetapi banyak juga saluran tersebut dikenanakan biaya per tayang. Ketika Anda mulai menambahkan biaya-biaya itu, Anda bisa menghabiskan lebih banyak, dibanding tagihan kabel / satelit bulanan. 

Meskipun Smart TV memberikan banyak layanan  (Netflix, Vudu, Hulu, Pandora), tetapi banyak juga saluran tambahan yang mungkin tidak dapat diakses pada beberapa platform Smart TV.  Bagi mereka yang menggunakan iTunes untuk mengakses konten audio dan video streaming, sepertinya belum semua Smart TV memiliki kemampuan ini — jadi Anda masih perlu membeli kotak Apple TV.

Bisakah Smart TV Memata-matai Anda?
Ya, jika Smart TV Anda memiliki webcam atau kontrol suara, ada kemungkinan seseorang dapat meretas dan melihat / mendengar Anda. 

Okay, jangan lupa comment dan share :-)
Share:

No comments:

Post a Comment