Apa Itu 5G Dan Perkembangan Teknologi "G"

Industri telekomunikasi tanpa kabel atau nirkabel hampir setiap dalam waktu 1 dekade atau lebih mengeluarkan standar baru komunikasi seluler yang memiliki kemampuan transmisi data atau kemampuan pengiriman paket data lebih banyak dan lebih cepat. 

Berikut sejarah perkembanganya, huruf “G” yang menempel pada istilah 1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G Dan 5G adalah Generasi.


  1. 1G adalah teknologi nirkabel generasi paling awal yang dikenalkan pada tahun 1970-an, System kerja Teknologi 1G menggunakan transmisi sinyal analog yang hanya mampu untuk melakukan panggilan telepon saja. Teknologi 1G itu sangat berperan besar terhadap perkembangan ponsel. Pada masa ini ponsel benar-benar belum pintar (smart phone). Seiring berkembangnya zaman teknologi ini sudah mulai di tinggalkan. 
  2. 2G adalah teknologi nirkabel generasi ke dua. Teknologi ini mampu mentransmisikan suara dan data secara digital. 2G membawa perubahan standar komunikasi telepon selular dari analog ke komunikasi digital tahap awal. Pada masa ini hanya bisa melakukan telepon dan enkripsi teks. Adapun layanan data, tetapi sebatas pesan gambar atau MMS. Kecepatan 2G dengan mengandalkan Global Packet Radio Services (GPRS) mencapai 50 kilobyte per second. Kemudian dikembangkan lagi dimana data rates bisa dinaikkan dengan EDGE sampai 1 Mbps.
  3. 3G adalah teknologi nirkabel generasi ketiga yang dikenalkan pada 1998, teknologi 3G memiliki kecepatan transfer data(144kbps-2Mbps) sehingga mampu memberi layanan data broadband seperti internet, video, music, games, selain itu juga dapat memberikan layanan video conference dan video streaming.
  4. 4G adalah teknologi generasi keempat yang dikenalkan pada 2009,  Teknologi ini ditemukan oleh Khoirul Anwar asal Indonesia yang menjadi peniliti di JAIST (Japan Advanced Institute of Science and Technology School of Information Science). Sistem 4G mampu menyediakan solusi dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, dengan rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.
  5. 5G, menurut informasi dari zdnet.com, 5G diperkenalkan pada 1 november oleh China. Penemu teknologi ini adalah Michael Lemke seorang ahli teknologi senior brand seluler ternama yaitu Huawei. Teknologi 5G mempunyai "Value" yaitu untuk mendukung aktifitas bisnis dari segala sektor yang dapat terintegrasi berbagai lokasi. Teknologi 5G memberikan layanan yang lebih baik bagi pengguna smartphone. Dengan teknologi 5G mampu melakukan download film HD dalam hitungan detik. Teknologi 5G akan memberikan layanan komunikasi yang lebih baik dalam meningkatkan bisnis dengan berbagai cara dan juga meningkatkan efisiensi biaya.
Berikut grafik perkembangan teknologi "G" yang dikutip dari theconversation.com



















Referensi:
ericsson.com
zdnet.com
theconversation.com
sis.binus.ac.id


Share:

No comments:

Post a Comment