Apa Itu Google Cloud

Google Cloud, Google Cloud memiliki istilah lengkap yaitu Google Cloud Platform(GCP). Sebagian orang mungkin sudah sering mendengarnya tetapi masih banyak sebagian besar belum paham Apa Itu Google Cloud. Berikut tentang Google Cloud Platform dirangkum dari techtarget.com dan zdnet.com, Google Cloud Platform adalah kumpulan produk layanan teknologi berbasis cloud atau sebuah layanan yang memiliki konsep dasar berbasis web yang ditawarkan oleh Google. 

Platform atau program ini mencakup serangkaian layanan yang di-host atau diserahkan pada pihak Google seperti komputasi, penyimpanan, dan pengembangan aplikasi yang berjalan pada perangkat keras Google. Layanan Google Cloud Platform dapat diakses oleh pengembang perangkat lunak, administrator cloud, dan profesional IT perusahaan melalui internet publik atau melalui koneksi jaringan khusus.

Google Cloud Platform memiliki jenis produk yang sangat banyak sekali dan sulit dipahami secara abstrak atau secara object. Untuk membantu memahami Google Cloud Platform secara eksplisit atau lebih jelas, berikut adalah beberapa produk layanan inti yang dioperasikan GCP:
  • Google Compute Engine adalah layanan infrastructure-as-a-service (IaaS) yang menyediakan mesin virtual untuk hosting.
  • Google App Engine adalah layanan (PaaS) dimana pengembang perangkat lunak dapat mengakses ke hosting Google. Pengembang juga dapat menggunakan kit pengembang perangkat lunak (SDK) untuk mengembangkan produk perangkat lunak.
  • Google Cloud Storage adalah layanan yang dirancang untuk menyimpan set data yang besar dan tidak terstruktur. Selain itu juga menawarkan pilihan penyimpanan basis data, termasuk Cloud Datastore untuk NoSQL, Cloud SQL untuk MySQL dan basis data Cloud Bigtable Google.
  • Google Container Engine

Google Cloud Platform juga menawarkan layanan integrasi dan pengembangan aplikasi. Seperti, Google Cloud Pub / Sub adalah layanan management dan pengiriman dan pertukaran pesan antar aplikasi secara real-time. Selain itu, Google Cloud Endpoints memungkinkan pengembang untuk membuat layanan berdasarkan RESTful APIs, dan kemudian membuat layanan tersebut dapat diakses oleh klien Apple iOS, Android dan JavaScript. Penawaran lain termasuk server DNS Anycast, interkoneksi jaringan, load balancing, monitoring, dan logging services.

Layanan lain adalah terkait dengan big data dan mesin learning, ke platform cloud-nya. Layanan data besar untuk pemrosesan data dan analitik, seperti Google BigQuery untuk query seperti SQL yang dibuat terhadap kumpulan data multi-terabyte. Selain itu, Google Cloud Dataflow adalah layanan pemrosesan data yang ditujukan untuk analitik, ekstrak, ubah, dan muat (ETL) dan proyek komputasi real-time. Platform ini juga mencakup Google Cloud Dataproc, yang menawarkan layanan Apache Spark dan Hadoop untuk pemrosesan data besar.

Untuk kecerdasan buatan (AI), Google menawarkan Cloud Machine Learning Engine, layanan  manage service yang memungkinkan pengguna untuk membangun dan melatih model pembelajaran mesin. Berbagai API juga tersedia untuk terjemahan dan analisis ucapan, teks, gambar, dan video.

Google juga menyediakan layanan untuk IoT, seperti Google Cloud IoT Core, yang memungkinkan pengguna untuk mengkonsumsi dan mengelola data dari perangkat IoT.

Pilihan Biaya Google Cloud Platform
Seperti penawaran cloud publik lainnya, sebagian besar layanan Google Cloud Platform mengikuti model pay-as-you-go di mana tidak ada pembayaran di muka, dan pengguna hanya membayar untuk sumber daya cloud yang mereka konsumsi. 

Sertifikasi Google Cloud Platform
Google menawarkan program pelatihan dan sertifikasi yang terkait dengan Google Cloud Platform, termasuk program untuk infrastruktur cloud, pembelajaran data dan mesin, pengembangan aplikasi dan administrasi G Suite, serta program pengantar untuk platform cloud-nya. 
Ada tiga sertifikasi Google cloud yang dapat diperoleh yaitu: 
  • a Certified Professional Cloud Architect, 
  • a Certified Professional Data Engineer,
  • a Certified Professional G Suite Administrator.
Semoga memberi pencerahan :-)
Share:

No comments:

Post a Comment