Apa Itu Internet Of Things (IOT)

Internet of things (IOT), adalah teknologi komputer yang saling terkait yang meliputi bidang mesin mekanik dan digital, objek, hewan atau orang yang dilengkapi dengan identifikasi unik (UID) yang juga dilengkapi kemampuan transfer data melalui jaringan komputer secara automatic.

Dirangkum dari techtarget.com, salah satu contoh penerapan Internet Of Thins adalah sebuah mobil yang memiliki sensor untuk memberi tahu pengemudi terkait tekanan ban. Contoh lain bisa berupa sebuah benda buatan manusia lainnya yang dapat diberi alamat Internet Protocol (IP) dimana dapat diletakan pada suatu mahluk hidup dan dapat melakukan transfer data melalui jaringan komputer. 

Keuntungan penerapan Internet Of Things pada sebuah industri dapat membantu efisiensi operasional, sehingga industri dapat lebih fokus pada peningkatan layanan ke pelanggan, membantu dapam pengambilan keputusan dan meningkatkan nilai bisnis.

Cara Kerja IOT
IoT terdiri dari perangkat computer yang canggih yang pada dasarnya adalah berbasis web yang terdiri dari sistem yang tertanam, seperti prosesor, sensor, dan perangkat keras komunikasi, yang sudah didesain memiliki kemampuan mengumpulkan, mengirim, dan bertindak berdasarkan data yang masuk. Perangkat IoT memiliki berbagai data dari sebuah sensor yang dikumpulkan secara automatic kemudian dihubungkan ke gateway IoT kemudian data terkirim automatic ke cloud untuk  proses analisis. 

Perangkat ini mampu berkomunikasi dengan perangkat terkait lainnya dan bertindak berdasarkan informasi yang masuk. Semua pekerjaan perangkat ini dilakukakn tanpa campur tangan manusia atau automatic, meskipun orang dapat berinteraksi dengan perangkat untuk mengaturnya, memberi instruksi atau mengakses data. Internet Of Things bisa disebut teknologi dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang mempu membuat sebuah mesin membantu membuat proses pengumpulan data lebih mudah dan lebih dinamis.

Berikut skema sebagai gambaran

Mengapa IOT penting?
Sebuah hal penting terkait Internet adalah Internet membantu orang hidup dan bekerja lebih cerdas. IOT sangat penting untuk sebuah bisnis. IOT mampu membantu bisnis memonitoring secara real time bagaimana sistem mereka benar-benar bekerja, memberikan informasi tentang segala sesuatu dimulai dari kinerja hingga rantai pasokan dan operasi logistik.

IOT memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi proses dan mengurangi biaya tenaga kerja. Juga mengurangi pemborosan dan meningkatkan pengiriman layanan, membuatnya lebih murah untuk memproduksi dan mengirimkan barang, serta menawarkan transparansi dalam transaksi pelanggan.

Dengan demikian, IOT adalah salah satu teknologi paling penting dalam kehidupan sehari-hari, dan IOT akan terus meningkat seiring semakin banyaknya bisnis yang menyadari potensi perangkat yang terhubung agar tetap kompetitif. Internet menawarkan banyak manfaat bagi organisasi khususnya dalam dunia industri.

Beberapa manfaat umum IOT adalah berikut:
  • memantau keseluruhan proses bisnis
  • meningkatkan layanan disisi pelanggan
  • menghemat waktu dan uang
  • meningkatkan produktivitas karyawan
  • mengintegrasikan dan mengadaptasi model bisnis
  • membuat keputusan bisnis yang lebih baik
  • menghasilkan lebih banyak pendapatan.
Secara umum, IOT paling banyak diterapkan di organisasi manufaktur, transportasi dan utilitas, juga dalam bidang pertanian, infrastruktur dan industri otomasi rumah.

Penerapan IOT di bidang pertanian, dapat menguntungkan petani dengan membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Teknologi sensor yang merupakan bagian dari system IOT dapat mengumpulkan data tentang curah hujan, kelembaban, suhu dan kandungan tanah, serta faktor-faktor lain, yang akan membantu mengotomatiskan teknik pertanian.

Penerapan IOT di bidang infrastruktur, dapat membantu untuk memantau operasi infrastruktur di sekitarnya. eknologi sensor yang merupakan bagian dari system IOT dapat digunakan untuk memantau peristiwa atau perubahan dalam bangunan struktural, jembatan dan infrastruktur lainnya. Tentunya hal ini memberikan manfaat dalam hal penghematan biaya, waktu, perubahan alur kwalitas kerja.

Penerapan IOT di bidang bangunan, dengan teknologi sensor yang merupakan bagian dari system IOT dapat untuk memantau dan memanipulasi sistem mekanis dan elektrikal sebuah gedung. Dalam skala yang lebih luas, kota pintar atau smart city dapat membantu warga mengurangi limbah dan konsumsi energi. 

IOT menyentuh setiap industri, termasuk bisnis di bidang kesehatan, keuangan, ritel, dan manufaktur.
Share:

No comments:

Post a Comment