9 Sistem Operasi Mobile Phone Terpopuler

Sistem operasi mobile adalah sebuah sistem operasi yang didesain untuk berjalan di perangkat mobile seperti handphone, smartphone, PDA, tablet PC atau perangkat mobile lainnya. 

Sistem operasi itu sendiri adalah sebuah perangkat lunak atau sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan kontrol terhadap fungsi perangkat keras seperti keyboard, camera, micropohone, wireless, signal, sidik jari juga perangkat lunak lainya seperti pesan text dan masih banyak lagi. Sistem operasi mobile juga disebut Mobile OS.

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang paling penting dalam smartphone apa pun jenis dan merknya karena merupakan faktor utama yang menentukan fungsionalitas ponsel. Saat ini ada beberapa jenis sistem operasi ponsel yang digunakan dalam smartphone; seperti Android, I-Phone OS, Palm OS, Blackberry, Windows Mobile, dan Symbian.

Berikut adalah 9 sistem operasi mobile terpopuler referensi dari webopedia.com. 
1. Android
Android adalah perangkat lunak paling populer yang dibuat oleh Android Inc. dibuat pada tahun 2008.
Jika Anda memiliki ponsel berbasis Android, maka Anda akan menjumpai Google Play, yaitu sebuah sistem aplikasi Android, dimana Anda dapat menemukan banyak aplikasi untuk sistem operasi ini. Android memiliki banyak fitur yang disukai pengguna. Sejumlah besar smartphone menggunakan sistem operasi Android

2. Apple iOS
Sistem operasi Apple iOS didesin untuk berjalan di smartphone dari Apple seperti iPhone, iPod, atau iPad. Ini adalah sistem operasi terlaris kedua untuk smartphone di dunia. Android dan Apple adalah dua pesaing kuat. 

3. Windows Mobile
Windows mobile adalah sistem operasi seluler untuk smartphone dan perangkat seluler dari Microsoft Corp. Desainnya menyediakan banyak teks besar dan antarmuka yang sederhana. Sistem operasi ini sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai sistem operasi Windows PC.

4. Palm
Palm adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Palm Inc. pada tahun 1996. Sistem operasi ini dirancang untuk membuat antarmuka berbasis layar sentuh. Ini adalah salah satu sistem operasi ponsel yang sangat sederhana dan mudah untuk dikuasai tetapi sayangnya tidak dapat multitask sehingga banyak pengguna tidak tertarik. Saat ini Palm Company menawarkan perangkat yang hanya berjalan di sistem operasi Palm atau di Windows mobile.

5. OS Web
Web OS adalah sistem operasi yang juga dikenal sebagai OS web LG dan Open web OS. Web OS adalah sistem operasi berbasis Linux untuk smartphone. Awalnya, sistem operasi ini dikembangkan oleh Palm dan kemudian dijual ke LG Electronics. Fitur OS Web ini adalah salah satu sistem operasi ponsel yang mendukung multitasking. Misalnya, jika kita sedang bermain game dan menerima pesan, kita dapat membukanya pesan tanpa keluar dari game yang dijeda.

6. Bada (Samsung Electronics)
Bada adalah sistem operasi seluler Samsung yang dipatenkan yang pertama kali diluncurkan pada 2010. Samsung Wave adalah smartphone pertama yang menggunakan OS seluler ini. Sistem operasi Bada memberikan kemampuan multi-touch, grafik 3D.

7. MeeGo OS (Nokia dan Intel)
Sistem operasi seluler open source bersama yang merupakan hasil penggabungan dua produk berdasarkan teknologi open source: Maemo (Nokia) dan Moblin (Intel). MeeGo adalah sistem operasi mobile yang dirancang untuk bekerja pada sejumlah perangkat termasuk smartphone, netbook, tablet, sistem informasi dalam kendaraan dan berbagai perangkat yang menggunakan arsitektur Intel Atom dan ARMv7.

8. Symbian
Symbian adalah sistem operasi Nokia. Sistem operasi ini digunakan oleh sejumlah produsen Jepang untuk ponsel yang hanya dijual di Jepang. Sistem operasi ini juga dapat ditemukan pada beberapa perangkat Sony Ericsson. Sistem operasi ini terkonsentrasi pada fungsionalitas ponsel seperti, SMS cepat, mengambil gambar, kontrol suara, panggilan cepat, beberapa fitur PDA dan ribuan aplikasi berbeda.

9. Blackberry (Research In Motion)
Blackberry adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan khusus untuk perangkat BalckBerry. Sistem operasi ini mirip dengan Apple iOS karena tidak dapat berjalan di berbagai merek ponsel. Dikembangkan oleh Research In Motion untuk perangkat BlackBerry mobile yang banyak digunakan di lingkungan perusahaan. Platform BlackBerry populer di kalangan pengguna korporat karena menawarkan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, email Novell GroupWise, dan perangkat lunak bisnis lainnya, bila digunakan dengan BlackBerry Enterprise Server

Apa pilihanmu?
Share:

No comments:

Post a Comment